Perawatan saluran akar satu kali kunjungan pada gigi dengan karies servikal dilanjutkan dengan restorasi komposit dan pasak fiber

  • Ni Kadek Eka Widiadnyani Departemen Konservasi, PSPDG, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
Keywords: Perawatan saluran akar satu kali kunjungan, karies servikal, resin komposit, pasak fiber

Abstract

Pendahuluan: Perawatan saluran akar satu kunjungan merupakan perawatan yang meliputi preparasi biomekanis saluran akar, irigasi serta obturasi yang diselesaikan dalam satu kunjungan. Untuk perawatan satu kunjungan tahap perawatan dapat dilakukan lebih cepat serta mencegah terjadinya kontaminasi ulang saluran akar. Karies servikal pada gigi terdapat dalam berbagai bentuk, seperti abrasi, erosi dan abfraksi. Kavitas yang telah kehilangan banyak struktur jaringan keras gigi akibat karies dibagian servikal, perlu dipertimbangkan penggunaan pasak sebagai struktur penguat tambahan. Jika tidak dilakukan perawatan secepatnya maka mahkota gigi akan mudah fraktur oleh tekanan mastikasi saat gigi berfungsi, dan pasien biasanya lebih memilih untuk segera dilakukan pencabutan. Menghentikan perkembangan lesi yang sudah ada, dan menentukan perawatan yang tepat serta menunjukkan keberhasilan penatalaksanaan perawatan saluran akar satu kunjungan pada kasus dengan karies servikal sehingga gigi dapat dipertahankan kembali sesuai dengan fungsinya dan estetiknya.

Manajemen kasus: Pasien laki -  laki usia 56 tahun mengeluh gigi geraham kecil kedua bawah kanan. Gigi pernah terasa sakit, tetapi saat ini sudah tidak sakit. Pasien ingin giginya dirawat dan dipertahankan. Pemeriksaan obyektif gigi 45 terdapat kavitas servikal bagian bukal, dengan pulpa terbuka. Gigi tidak peka terhadap perkusi, palpasi, tes vitalitas positif linu, mobilitas normal. Jaringan pendukung gigi normal. Pemeriksaan radiografis nampak kavitas servikal yang telah mencapai kamar pulpa, 2/3 saluran akar membengkok ke arah distal, terdapat lesi periapikal yang melibatkan 1/3 apikal dengan penebalan ligamen periodontal dan lamina dura terputus.

Simpulan: Perawatan saluran akar adalah salah satu alternatif perawatan yang paling umum sebelum terjadi kerusakan gigi. Perawatatan saluran akar merupakan salah satu pilihan perawatan pada pasien yang tidak memiliki banyak waktu berkunjung. Resin komposit dapat menjadi alternatif untuk restorasi gigi posterior dengan penguat pasak fiber resin, sehingga berguna untuk melindungi fraktur gigi dari tekanan oklusal. Perawatan saluran akar satu kunjungan diharapkan menjadi pertimbangan dalam menangani kasus-kasus gigi karies di servikas dengan kehilangan jaringan yang tidak terlalu luas, sehingga tidak perlu menghilangkan jumlah jaringan koronal gigi.

Published
2019-08-10
Section
Original Article